Berlemak Merusak pembuluh Darah

Written By limadu on Selasa, 27 Maret 2012 | 17.48

Berlemak Merusak pembuluh Darah yang kaya lemak bisa merusak pembuluh darah. Tentunya hal ini bukanlah hal baru bagi Anda. Dan cara mencegah hal ini tentunya dengan mengurangi asupan lemak jenuh, lemak yang membeku pada suhu ruang. Cara utama mengurangi asupan lemak jenuh ini adalah dengan menerapkan pola diet yang seimbang. Total asupan lemak harian sebaiknya kurang dari 30% dari total kalori. Dari jumlah ini, lemak jenuh hanya boleh 8-10%, lemak ganda tidak jenuh sebaiknya 10% dan lemak tunggal tidak jenuh sebaiknya 15% dari total kalori. Akan tetapi, mengikuti hal ini seringkali tidak mudah karena kurangnya pemahaman kita akan makanan mana yang mengandung lemak jenuh dan makanan mana yang tidak. Untuk membantu Anda mengenalinya, berikut beberapa makanana yang kaya lemak serta makanan penganti yang bisa Anda gunakan.

Minyak kelapa dan minyak kelapa sawit. Minyak ini sangat kaya akan lemak jenuh.

Hydrogenated atau partially hydrogenated oils. Hindari junk food yang menggunakan minyak yang dihidrogenasi atau dihidrogenasi sebagian, atau lemak trans. Junk food ini termasuk donat dan kentang goreng.

Susu whole fat atau produk-produk susu, termasuk keju. Mulailah beralih dari produk-produk susu yang whole fat ke produk susu dengan 1 atu 2 persen lemak atau ke susu skim. Keju juga telah tersedia dengan berbagai versi skim-milk. Selain itu, creamer produk non-susu yang mengandung lemak jenuh juga sebaiknya diganti dengan susu skim.

Pengganti lemak. hati-hati mengunakan makanan lemak dengan kalori yang lebih rendah. Studi-studi telah menunjukkan, memilih lemak rendah kalori justru memicu orang-orang mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang lebih besar. Karena itu, jangan jadikan rendah kalori sebagai alasan untuk mengonsumsi lebih banyak.

Mentega. Mentega kaya lemak jenuh, kalori dan kolesterol tetapi sama sekali tidak mengandung nilai gizi.

Pizza, popcorn yang kaya lemak serta kudapan lainnya.

Berikut beberapa makanan pengganti rendah lemak yang bisa menjadi pilihan Anda:

Margarin. Pilihlah yang mengandung lemak trans paling sedikit. Caranya, pilihlah yang paling lembut. Semakin lembut margarin yang Anda pilih, kandungan lemak transnya juga semakin sedikit.

Susu skim yang sudah diuapkan. Susu skim ini bisa menjadi pilihan yang jauh lebih baik dibandingkan krim berat.

Tepung cokelat. Saat hendak digunakan untuk memanggang, tepung ini bisa digunakan untuk menggantikan cokelat yang tanpa pemanis.

Yogurt. Yogurt beku tanpa lemak bisa digunakan untuk menggantikan es krim. Yogurt bisa juga digunakan sebagai topping untuk menggantikan krim yang kaya lemak.

Produk-produk unggas. Unggas mengandung lebih sedikit lemak dan kolesterol dibandingkan sapi.

Putih telur. Ada baiknya mengosumsi 2 putih telur atau 1/4 cangkir telur tanpa kolesterol dibandingkan 1 telur utuh.

Tapi Anda harus tetap hati-hati. Mengurangi asupan lemak sangat penting tapi jangan sampai Anda menghapuskan lemak sepenuhnya dari daftar diet Anda. Lemak merupakan nutrisi penting untuk memproduksi energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari serta menyediakan vitamin A, D, dan E, yang sangat diperlukan untuk kesehatan kulit dan pertumbuhan optimal. Tubuh tidak bisa memproduksi lemak sendiri, jadi harus disediakan melalui asupan diet. Karena itu, tetaplah tambahkan lemak dalam diet Anda, khususnya lemak tunggal tidak jenuh seperti olive oil. Kuncinya adalah jumlah sedang, bukan menghilangkan sepenuhnya.

Anda sedang membaca artikel tentang

Berlemak Merusak pembuluh Darah

Dengan url

http://bugarasakti.blogspot.com/2012/03/berlemak-merusak-pembuluh-darah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Berlemak Merusak pembuluh Darah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Berlemak Merusak pembuluh Darah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger